Tantangan Sekolah Kristen Masa Kini

Amanat Agung Dan Eksklusifisme

Authors

  • Yohana Indah Kristianingrum Sekolah Tinggi Teologi Ekumene, Jakarta
  • Jos Sudarman Lauwanto Sekolah Tinggi Teologi Ekumene, Jakarta
  • Andreas Fernando Sekolah Tinggi Teologi Ekumene, Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.56191/shalom.v3i1.76

Keywords:

Christian schools, school exclusivism, great commissions, Christian education, sekolah kristen, eksklusifisme sekolah, amanat agung, pendidikan kristen

Abstract

Christian schools are unique institutions because they can play a dual role in both the educational and spiritual fields effectively. However, in today's educational development, Christian schools are less able to carry out this dual role. In this discussion, the authors observe that several studies reveal that the dual role of Christian schools tends to become exclusive educational institutions with superior and advanced quality education, but are unable to educate students according to the Great Commission of the Lord Jesus. The challenge for today's Christian schools is the difficulty of implementing the Great Commission because they focus more on competition between schools in order to increase school prestige. The method used by the author is literature research, by analyzing and comparing several writings that discuss the topic. The results of this study found a suggestion for Christian schools to return to their original vision, namely to become God's agents to make disciples or bring their students to a real encounter with Him. One of its concrete missions is to provide opportunities for underprivileged children to be able to receive education in Christian schools

 

 

Abstrak

Sekolah Kristen merupakan lembaga yang unik karena dapat berperan ganda baik dalam bidang pendidikan maupun bidang kerohanian secara efektif. Namun dalam perkembangan pendidikan masa kini sekolah Kristen kurang mampu menjalankan peran ganda tersebut. Dalam pembahasan ini, penulis melihat beberapa kajian  mengungkapkan bahwa peran ganda sekolah Kristen  semakin cenderung menjadi lembaga pendidikan eksklusif dengan kualitas pendidikan yang unggul dan maju, tetapi tidak dapat memuridkan anak didik sesuai Amanat Agung Tuhan Yesus. Tantangan bagi sekolah Kristen masa kini adalah kesulitan menerapkan Amanat Agung dikarenakan lebih berfokus kepada persaingan prestasi antar sekolah guna menaikkan prestis sekolah. Metode yang dipakai oleh penulis adalah penelitian literatur, dengan menganalisa dan membandingkan beberapa tulisan yang membahas topik tersebut. Hasil dari kajian ini adalah ditemukan usulan agar sekolah Kristen mengembalikan kepada visi yang semula yaitu menjadi agen Tuhan untuk memuridkan atau membawa anak didik kepada perjumpaan nyata dengan-Nya. Salah satu misi konkritnya adalah dengan memberikan kesempatan dan kemudahan kepada anak-anak kurang mampu untuk dapat mengenyam pendidikan di sekolah Kristen.

Author Biographies

Jos Sudarman Lauwanto, Sekolah Tinggi Teologi Ekumene, Jakarta

 

 

 

 

Andreas Fernando, Sekolah Tinggi Teologi Ekumene, Jakarta

 

 

 

References

Anjaya, Carolina Etnasari, and Yonatan Alex Arifianto. “Awarenesss Triangle: Konsep Pengembangan Pendidikan Kristen Bagi Generasi Tekno Di Era Virtual.” Jurnal Teologi Gracia Deo 4, no. 1 (2022): 140–153.

Arifianto, Yonatan Alex. “Mereduksi Stigmatisasi Misiologi Hanya Untuk Pemimpin Gereja Sebagai Motivasi Orang Percaya Untuk Menginjil.” Jurnal Gamaliel : Teologi Praktika 3, no. 1 (2021): 47–59. http://jurnal.stt-gamaliel.ac.id/index.php/gamaliel/article/view/60.

Budiyana, Hardi. “Peran Psikologi Dalam Pendidikan Kristen Di Sekolah Kristen.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen (JUPAK) 1, no. 1 (2020): 68–78.

Debora, Kiki, and Chandra Han. “Pentingnya Peranan Guru Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa Dalam Pendidikan Kristen: Sebuah Kajian Etika Kristen [The Significance of the Role of Christian Teachers in Building Students’ Character in Christian Education: A Study of Christian Ethics].” Diligentia: Journal of Theology and Christian Education 2, no. 1 (2020): 1.

Donovan Aditya Yahya. “Sekolah Kristen Mahal!” Educator.

Dwikoryanto, Matius I Totok, Yudi Hendrilia, and Carolina Etnasari Anjaya. “Sekolah Kristen Dan Pendidikan Agama Kristen Dalam Persiapan Menghadapi Era Society 5.0.” Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 6, no. 2 (2021).

GP, Harianto. Pendidikan Agama Kristen Dalam Alkitab Dan Dunia Pendidikan Masa Kini. Yokyakarta: Penerbit Andi, 2012.

Handayani, Titik. “RELEVANSI LULUSAN PERGURUAN TINGGI DI INDONESIA DENGAN KEBUTUHAN TENAGA KERJA DI ERA GLOBAL.” Jurnal Kependudukan Indonesia 10, no. 1 (2015): 53.

Lase, Evasari Kristiani, and Friska Juliana Purba. “Alkitab Sebagai Sumber Pengetahuan Sejati Dalam Pendidikan Kristen Di Sekolah Kristen: Sebuah Kajian Epistemologi.” Jurnal Abdiel: Khazanah Pemikiran Teologi, Pendidikan Agama Kristen dan Musik Gereja 4, no. 2 (2020): 149–166.

Pujiono, Andrias, Carolina Etnasari Anjaya, and Yonatan Alex Arifianto. “Generasi Yang Unggul Dalam Iman, Ilmu, Dan Pengabdian Di Era Industri 4.0.” DIEGESIS: Jurnal Teologi Kharismatika 5, no. 1 (2022).

Sekolah Kristen IPEKA. “Pendidikan Berbasis Nilai Kristiani.” Yayasan Iman Pengharapan Dan Kasih.

Sidjabat, B S. Strategi Pendidikan Kristen. PBMR ANDI, 2021.

Silalahi, Edu Arto. “PENDIDIKAN KRISTEN DAN AMANAT AGUNG.” Jurnal Arrabona 1, no. 1 (2021): 40–53.

Simamora, Nenny Natalina. “Hakikat Dan Tujuan Sekolah Kristen.” TE DEUM (Jurnal Teologi dan Pengembangan Pelayanan) 4, no. 1 (2021): 1–23.

Simon, J., H. Nayuf, D. P. Nande, and M. Hale. Bisa Dengar Suara Saya ?: Ragam Perspektif Teologi Publik Atas Perubahan Dalam Gereja, Sekolah Kristen Dan Masyarakat Indonesia. 1st ed. Malang: LPPM STT Aletheia, 2023.

Tabrani, Ahmad, and Ida Destariana Harefa. “Pendidikan Agama Kristen Dan Tuntutan Kualitas SDM Menghadapi Persaingan Masyarakat Global.” EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership 2, no. 2 (2021): 287–305.

Tung, Khoe Yao. Menuju Sekolah Kristen Impian Masa Kini. Isu-Isu Filsafat, Kurikulum, Strategi Dalam Pelayanan Sekolah Kristen. Penerbit Andi, 2015.

Umrati, and Hengki Wijaya. Analisis Data Kualitatif Teori Konsep Dalam Penelitian Pendidikan. Sulawesi Selatan: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 2020.

Uriptiningsih, A. Lestari, Y. Salmon Efrayim Ngesthi, and C. Etnasari Anjaya. “Dimensi Meta-Learning Dalam Transformasi Pendidikan Kristiani Di Indonesia.” Kurios (2022).

Downloads

Published

28-06-2023

How to Cite

Kristianingrum, Y. I., Lauwanto, J. S. ., & Fernando, A. . (2023). Tantangan Sekolah Kristen Masa Kini: Amanat Agung Dan Eksklusifisme. Shalom: Jurnal Teologi Kristen, 3(1), 75–87. https://doi.org/10.56191/shalom.v3i1.76

Issue

Section

Articles